Pengertian Media Sosial, Peran serta Fungsinya
Media sosial adalah
sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,
berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan
dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial
yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain
mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi
sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi
menjadi dialog interaktif.
Andreas Kaplan dan
Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi
berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 ,
dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Jejaring sosial
merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian
terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi.
Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media
tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial
menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk
berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi
komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet
dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat.
Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja
dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya
orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar
terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di
Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan
peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.
Pesatnya perkembangan
media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri.
Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran
dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya
dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social
media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa
biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita
sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan,
memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content
lainnya.
Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai
berikut :
v Pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai
banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
v Pesan
yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
v Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
v Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi
Pertumbuhan Media Sosial
Pesatnya perkembangan
media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri.
Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran
dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya
dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media
sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa
biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri. Pengguna media sosial
dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar,
video, grafis, dan berbagai model content lainnya.media sosial
yang sekarang lagi berkembang ialah FB,Twitter, YM, wahtshap,phone banking,
internet banking dll.
Peran dan Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan
alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga
jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat
diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara
terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog,
facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan
lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur
dan selebaran.
Media
sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :
·
Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media
konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing
yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang
tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan
koneksi internet.
·
Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan
tak tertandingi untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membangun
hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan
mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang
tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan
komunikasi satu arah.
·
Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau
secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu.
Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap,
terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk
menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan
bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
·
Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah,
pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui
efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan
waktu yang lama.
Fungsi Media Sosial
Ketika kita
mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus
mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
·
Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan
perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar
anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan
untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog
organisasi dan integrasi konten dalam masyarakat yang relevan. Riset
pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
·
Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk
mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
·
Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2,
bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke
pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan
pasar.
·
Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif
sangat penting untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat
dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar
anda.
Cara Penggunaan Media Sosial
a. Facebook
Facebook
adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berguna sebagai alat komunikasi dan
sharing antar penggunanya.adapun tatacara penggunaan facebook yang baik adalah:
1. Bersifat
sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain.
2. Hindari
memposting segala hal dalam hidup kamu.
3. Kenali
dengan baik siapa yang akan menjadi teman anda
4. Tidak
memposting hal-hal yang mengandung unsur-unsur pornografi dan SARA.
5. Jangan
jadikan Facebook sebagai ajang cari jodoh.
6. Manfaatkan
facebook sebagai ajang diskusi di grup yang anda sukai.
7. Jalinlah
hubungan baik dengan para pengguna facebook lainnya dengan baik.
8. Jangan
menggunakan facebook secara berlebihan sehingga anda tidak peduli dengan
lingkungan anda.
b. YM
(yahoo messenger)
Berikut
ini akan di jelaskan langkah-langkah menjalan aplikasi yahoo messenger bagi
pemula:
1. Mempunyai
id yahoo messenger, ini bisa kamu dapatkan dengan cara mendaftar email di
mail.yahoo.com, atau bagi kamu yang sudah memiliki email yahoo, kamu bisa
gunakan email yahoo kamu sebagai Id yahoo messenger kamu. Namun jika belum
mempunyai email yahoo kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
2. Jika
sudah mempunyai Id yahoo messenger kamu harus memiliki Aplikasi atau software
yahoo messenger, jika belum punya aplikasi yahoo messenger silahkandownload,
jika sudah kamu download silahkan instal aplikasi yahoo messenger pada laptop
maupun smartphone anda.
3. Jika
sudah di instal Buka aplikasi yahoo messsenger yang sudah terinstal pada komputer
atau PC kamu,
4. Masukkan
ID yahoo messenger dan pasword kamu pada kolom yang telah disediakan
5. setelah
itu tekan Sign in
6. Karena
ID kamu masih baru tentunya kamu harus tahu caranya menambahkan ID yahoo teman
kamu, untuk menambahkan ID yahoo messenger teman kamu adalah dengan cara
klik menu contact kemudian klik add contact, setelah id yahoo
teman kamu ditambahkan, kamu tinggal menunggu konfirmasi dari teman kamu,
apakah permintaan penambahan ID YM kamu disetujui atau tidak
7. Cara
menambahkan teman sudah, sekarang saatnya melakukan chatting dengan teman atau
kenalan kita.
8. jika
telah selesai chatting lakukan sign out untuk keluar dari chatting yahoo
messenger.
9.
c. Line
Line
adalah sebuah aplikasi gratis yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan teks,
pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan lain-lain jika
kita terhubung di Internet. Aplikasi Line dibuat dan
dikembangkan oleh salah satu perusahaan dari Jepang "NHL
Corporation". Aplikasi ini pertama diluncurkan pada pertengahan tahun 2011
dan waktu itu terbatas hanya untuk sistem iOS dan Android, dan beberapa waktu
kemudian Line masuk pada perangkat Blackberry. Pada tahun 2012 Line telah resmi
meluncurkan aplikasi untuk bisa digunakan di perangkat Windows dan Mac. Cara
menggunakan aplikasi line adalah sebagai berikut :
2. Setelah
terinstall di Android, silahkan buka Aplikasi Linenya
3. Pilih
NEW USER
4. Kemudian
masukkan nomor ponsel sebagai ID Anda, biasanya ini akan terdeteksi secara
otomatis.
5. Lalu
klik NEXT
6. Kemudian
akan muncul form Term of Service dari pihak Line, klik I Agree With Terms And
Verify
7. Lalu
Anda akan diminta memasukkan nomor yang akan dikirimi KODE VERIFIKASI dari
Line, klik OK
8. Tak
lama kemudian Anda akan menerima SMS dari Naverline yang isinya adalah kode
verifikasi. Masukkan kode tersebut kedalam form yang telah disediakan pada
aplikasi Line. Kode tersebut akan terdeteksi secara otomatis.
9. Dan
LINE siap untuk digunakan.
d. Whatshap
WhatsApp
adalah layanan pesan multiplatform yang menggunakan sambungan internet ponsel
Anda untuk chatting dengan pengguna WhatsApp lainnya. Sebelum menggunakan
WhatsApp anda harus menginstall WhatsApp dengan cara sebagai berikut:
1. Download
aplikasi tersebut dari websitenya
2. Install
aplikasi tersebut ke smartphone
3. Daftarkan
nomer telepon anda tanpa menggunakan 0 atau format internasional karena
WhatsApp menggunakan nomor telepon anda untuk mendaftar anda dalam databasenya.
4. Aplikasi
kemudian akan mengirimkan kode konfirmasi via SMS yang mengharuskan anda untuk
mengisikan kode konfirmasi tersebut ke langkah selanjutnya. Setelah anda
mengkonfirmasikan nomor telepon anda, anda siap untuk menggunakannnya
5. Aplikasi
WhatsApp akan secara otomatis mendata phonebook untuk menunjukan siapa-siapa
saja yang sudah menggunakan WhatsApp. Untuk mengetahui siapa saja yang sudah
masuk ke daftar, tekan pada tab contact. Mereka yg menggunakan WhatsApp akan
memiliki status disamping nama mereka.
6. Mulailah
perbincangan dengan temana-teman anda yang menggunakan WhatsApp dengan mengklik
nama tersebut
7. Anda
dapat juga mengundang teman anda untuk menggunakan WhatsApp aplikasi dengan
menggunakana “Invite Friends”.
e. Offline
payment
Offline
payment adalah pembayaran yang di lakukan secara langsung ( bertatap muka)
antara pembayar ataupun yang menerima pembayaran, kalau di bank offline payment
di lakukan dengan cara sebagai berikut :
1. Nasabah
mengisi fomulir untuk menabung atau menarik uang
2. Mengambil
no antrian
3. Menunggu
di panggail sesuai dengan no antrian
4. Menyerahkan
formulir kepada kasir,
5. Menunggu
formulir d proses
6. Menerima
uang bagi yang mengambil uang dan menerima buku tabungan bagi yang menabung.
7. Selesai
f. Phone
banking
Phone
banking adalah salah satu fitur yang di sediakan oleh bank agar nasabah dapat
bertransaksi dengan mudah dimana saja tanpa harus datang ke bank, berikut tata
cara memperolah dan mengoperasikan fitur phone banking:
1. Nasabah
bank mandiri dapat melakukan pendaftaran untuk mengunduh layanan bank mandiri
mobile dengan cara, SMS ke nomor 3355 dengan perintah ketik Reg
Mobile, Situs Bank Mandiri www.bankmandiri.co.id. Layanan unduh
aplikasi resmi mitra Bank Mandiri, seperti Blackberry App World, App Store,
Android Market
2. Selanjutnya
apabila aplikasi bank mandiri mobile sudah selesai diunduh, maka nasabah bank
mandiri wajib membuat password atau identitas rahasia yang akan digunakan
setiap kali login ke dalam aplikasi.
3. Untuk
dapat melakukan transaksi keuangan dengan fitur bank mandiri mobile, maka
nasabah bank mandiri tersebut wajib terdaftar sebagai user aktif bank mandiri
sms karena otorisasi transaksi via bank mandiri mobile menggunakan PIN bank
mandiri sms.
4. Untuk
pengguna iPhone, disamping menggunakan PIN bank mandiri sms juga ditambahkan
dengan SMS OTP (one time password). SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang
berlaku hanya untuk 1 (satu) kali transaksi. OTP akan dikirim ke inbox, untuk
memunculkan OTP berupa pop-up message, nasabah bank mandiri bisa masuk ke menu
setting notification pada iPhone.
g. Internet
Banking
BRI
Internet Banking adalah suatu cara baru untuk melakukan transaksi perbankan
dengan menggunakan jaringan internet yang memudahkan Anda untuk selalu dapat
berinteraksi dengan Bank dimana pun Anda berada dengan cepat, aman dan mudah.
Cara
memperoleh layanan internet banking dari bank sebagai berikut :
1. Anda
harus memiliki rekening tabungan terlebih dahulu
2. Anda
harus mengaktifkan internet banking serta registrasi Mtoken melalui
atm atau datang ke costumer servis di bank
3. Anda
akan diminta membuat USER ID dan password Internet Banking oleh Customer
Service dan untuk pendaftaran dari ATM, hanya password yang diminta.
4. Anda
akan diberikan struk berisi User ID yang digunakan untuk login (daftar melalui
ATM)
Cara login ke internet banking adalah
sebagai berikut :
1. Masuk
ke dalam web resmi bank anda dan cari menu Internet Banking
2. Masukkan
[USER ID] dan [PASSWORD].
3. Masukkan
[VALIDASI] yaitu 4 digit angka yang ada di layar
4. Pilih
bahasa yang akan digunakan pada pilihan [BAHASA].
5. Klik
[LOGIN] untuk mengakses menu/fasilitas yang tersedia di Internet Banking.
6. Jika
ini merupakan login pertama Anda, Anda diminta membaca Syarat & Ketentuan
penggunaan terlebih dahulu. Klik [SETUJU] bila Anda setuju untuk tunduk ke
Syarat & Ketentuan tersebut.
7. Jika
Anda mendaftar melalui ATM, layar berikutnya adalah Layar Aktivasi dimana Anda
diharuskan mengganti password dan memasukkan alamat email Anda.
8. Ketik
password lama ke dalam kotak [MASUKKAN PASSWORD LAMA]
9. Ketik
password baru ke dalam kotak [MASUKKAN PASSWORD BARU]
10.
Setelah selesai logout dulu baru login
denga paswor baru kemudian anda sudah bisa memulai transaksi menggunkan
internet banking anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar